Saturday, June 10, 2023

SEJARAH BONSDAG P3GTM


PERSERIKATAN PEMUDA WILAYAH DI KAYUBERANG 1939 ASAL MUASAL BONDSDAG GTM

(SEJARAH BONDSDAG GTM)

Bondsdag artinya Hari Perserikatan, Persekutuan, Persatuan. Bondsdag pertama itu diadakan pada 26* Juli 1939 Di Kayuberang.
Beberapa ratus pemuda dari Mambi dan Mala'bok menuju Kayuberang bersama Geleijnse dalam perjalanan mereka mengunjungi mantan kepala distrik Aralle yang sudah tua. Bondsdag sendiri dihadiri ratusan pemuda/i. 

Kegiatan selama Bondsdag adalah :
1. Ceramah-ceramah (Bahasa Masa Kini Pembinaan)
2. Paduan Suara
3. Berdoa
4. Menyanyi Bersama.

Susunan Acara Bondsdag :
1.Acara diawali dengan berdoa oleh Guru Jemaat Kayuberang Efraim Bataragoa. 
2.Disambut oleh Paduan Suara dari Tabulahan.
3. Acara selanjutnya Pembinaan oleh : Ds.Geleijnse Diambil dari Neh.4:18-20 Judul Pembinaan : Membangun dan Berjuang. 
4. Penutup : Bernyayi dan Berdoa.

Susunan Acara Di Hari Berikutnya :
1. Pembukaan Oleh : Ds.Geleijnse. Menyampaikan Informasi dari Belanda bahwa tgl 2 Agustus 1939 akan berlangsung Bondsdag (Perserikatan) Pemuda CGK (Cristelijk Gereformeerd Kerken). Ia juga telah mengirim salam dan berita tentang Bondsdag di Kayuberang atas nama Pemuda Toraja Barat. 
2. Menyanyi Bersama : Lagu " Petoendan to Mamma'" (Hai Bangun Yang Tidur). Lagu ini biasa dinyanyikan para pemuda pada pertemuan-pertemuan di kampung.
3. Ceramah I : MAKNA DAN TUJUAN PERSERIKATAN 
Oleh : Ds.Geleijnse
4. Pemilihan Pengurus Perserikatan Pemuda :
a. Ketua         : Ds.Geleijnse
b. Sekretaris : P. Hutabarat (orang Batak) (Kepala LBS = Landbouw Bedrijfschool = Sekolah Usaha Pertanian)
c. Anggota :
                   - Guru Injil P. Pattykaihatu
                   - Guru Efraim Bataragoa
                   - Guru Esau Pampang

5. Ceramah II : FAEDAH HIDUP DALAM PERSERIKATAN. Oleh : Majelis Tabulahan H. Sampaga

6. Pidato : DAMAI SEJAHTERA YANG DI DAPAT DALAM KRISTUS (Memakai Bahasa Toma'kada/ Aluk) Oleh : Kepala Kampung Todokbakaru.

7. Ceramah III : BANGSA TORAJA DI MASA LAMPAU. Oleh : Guru Injil P. Pattykaihatu.

8. Menyanyi : Nyanyian Rohani Oleh  PS. Imanuel dan Nasareth. Dipimpin oleh Jusuf Palangi Guru Bantu Kayuberang juga Para Pemuda menyanyikan Nyanyian Perserikatan Pemuda CGK yang telah diterjemahkan.

9. CERAMAH IV : BANGSA TORAJA MASA KINI. Oleh : Guru Galung-Galung Tupa'langi'. Pada kesempatan itu juga Guru Gustaf Pasau' yang ikut Geleijnse ke Belanda pada hari PI 1938 Menceritakan pengalamannya. 

10. Informasi : Bondsdag Berikutnya tahun 1940 akan diadakan di Mala'bo'.

11. Penutup : Kata-kata penutup pendek (singkat).

12. Menyanyi : Mzm.99:8**

13. Doa Syukur

Rencana Bondsdag berikut yaitu bulan Agustus 1940 di Mala'bo' direncanakan sebagai Bondsdag  Pemuda seluruh daerah PI CGK yaitu seluruh Pemuda Toraja Barat tetapi batal karena Perang Dunia II

Catatan Refleksi :
Bondsdag PPGTM Masa kini sudah maju jauh melebihi Bondsdag Pertama di Kayuberang itu. Tetapi tujuan memposting kembali adalah agar para PPGTM masa kini dapat memahami sejarahnya dari mana asal muasalnya yang telah membentuk jati diri PPGTM secara Sinodal di GTM itu sendiri. Jadi menyambut Bondsdag PPGTM 2023 Di Klasis Salutambun dijadikan momentum ajang untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Pemuda GTM itu Solid, Utuh, Berkualitas, Berkarakter, Peduli kepada Isu-Isu Masa kini seperti Bagaimana Pemuda mampu menjawab tantangan Media Sosial yang mengarah kepada yang negatif, pergaulan muda-mudi gereja yang semakin bebas, Perkawinan Di Bawah Umur Radikalisme, LGBTQI, semuanya itu harus menjadikan PPGTM semakin berkualitas, kreatif, cerdas, berwawasan dan berkarakter Kristus. Jadi Bondsdag bukan soal memenangkan lomba tetapi juga lebih menunjukkan apa peran pemuda gereja ke dalam gereja mupun peran dalam masyarakat luas, terhadap bangsa dan negara.

Catatan :
* 26 di buku terbitan yang lebih lama tahun 2007 tertulis 21 ini perlu diklarifikasi ke Penulis dan juga ke BPMS GTM mana yang lebih benar.

** Disitu tertulis Mzm.99:8 setelah dicrosscheck di Buku Mazmur dan Nyanyian Rohani tidak ada Mazmur 99 ayat 8 karena Mazmur 99 hanya sampai ayat 6 kemungkinan yang benar adalah Mazmur 90 ayat 8 karena Mazmur 90 ada ayat 8 dan sesuai dengan makna lagu penutup yang senantiasa mohon penyertaan Tuhan. Ini juga memerlukan konfirmasi dari Penulis.

Sumber :
1. W.A.van Der Klis, Datanglah KerajaanMu, Rantepao : Sulo, Cet.1, 2007
2. W.A.van Der Klis, Datanglah KerajaanMu, Rantepao : Sulo, Cet.2 (Revisi), 2021. Ingin tau sejarah semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

JANGAN TAKUT

Lukas 21:18-19  Tetapi tidak sehelai pun dari rambut kepalamu akan hilang. Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidup...